Selasa, 12 Okt 2021, 18:15 WIB

Memenuhi Hak Anak, Menjadikan Anak Yang Berakhlak

Bagikan

Memenuhi Hak Anak, Menjadikan Anak Yang Berakhlak
Ayah dan Anak

Beberapa kali kita bisa temui kurangnya akhlak anak-anak muda kepada orang yang lebih tua. Salah satu contohnya adalah pemuda yang duduk dalam kendaraan umum sementara di sana ada orang tua yang berdiri. Hendaknya si pemuda mempersilakan orang yang lebih tua untuk mengambil tempat duduknya dan dia menggantikan berdiri. Selain karena fisiknya yang masih prima, hal itu menunjukkan akhlak yang baik dari generasi pemuda kita. Termasuk juga akhlak anak kepada orang tuda dan murid kepada gurunya.

Kita tentunya berharap generasi setelah kita bisa memiliki akhlak yang baik nantinya ketika mereka dewasa. Oleh karena itu kita harus mulai mengajarkan akhlak yang baik kepada anak-anak kita. Dengan memberikan contoh yang baik kepada mereka, kita bisa mengajarkan mereka untuk kelak menjadi manusia yang berakhlak baik.

Selain itu, sebagai orang tua kita harus bisa memenuhi hak-hak mereka sebagai anak. Banyak kasus di mana seseorang tumbuh besar dengan membawa akhlak yang kurang baik sebab ketika masih kecil mereka tidak mendapatkan hak-haknya dari orang tua mereka. Ada tiga hak anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua.

Yang pertama adalah hak memiliki nama yang baik. Nama yang kita berikan kepada anak-anak kita harus memiliki makna dan nada yang baik. Dengan begitu anak nantinya bisa menyadari harapan yang diberikan kepada mereka. Dan juga mereka bisa nyaman dengan cara orang lain memanggil mereka. Nama-nama yang baik juga bisa diambil dari nama para nabi atau ulama.

Yang kedua adalah dengan ibu menyusui yang baik. Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi seorang anak. Dan proses pembelajarannya dimulai ketika menyusui anak. Selain itu lingkungan yang baik juga dibutuhkan agar anak terbiasa. Bila anak sudah terbiasa berada dalam lingkungan yang baik, dia akan menjadi orang yang baik.

Yang ketiga adalah dengan memberikan pendidikan adab yang baik. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan menyekolahkan mereka di lembaga yang baik; sekolah yang baik dan pondok pesantren yang baik. Tidak semua sekolah menawarkan pendidikan adab kepada peserta didiknya. Jangan sampai kita lupa bahwa anak-anak kita juga membutuhkan pendidikan adab.

Untuk kita semua yang hendak menikah atau memiliki anak, marilah kita renungkan tiga hak anak di atas. Terutama bagi kita yang sudah memiliki anak. Semoga kelak generasi penerus kita memiliki akhlak yang baik. Amin.

*) Disarikan dari mauidhoh hasanah Gus Fuad Abdurrohim Yahya

Gus Fuad Abdurrohim Yahya 
Bagikan