Rabu, 29 Sep 2021, 16:43 WIB

Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Datang Lima Perkara

Bagikan

Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Datang Lima Perkara
Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Lima Perkara

Nabi Muhammad SAW bersabda:

اغتنم خمسا قبل خمس؛ شبابك قبل هرمك، وصحتك قبل سقمك، وغناك قبل فقرك، وحيلتك قبل موتك، وفراغك قبل شغلك

"Ambillah kesempatan dari lima perkara sebelum datang lima perkara; 1) Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, 2) Sehatmu sebelum sakitmu, 3) Kayamu sebelum fakirmu, 4) Hidupmu sebelum matimu, 5) Masa senggangmu sebelum kesibukanmu."
(HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Hadist di atas, menerangkan bahwa ada lima kesempatan baik yang harus digunakan sebelum datangnya lima perkara, yaitu:
1. Masa muda sebelum masa tua, Ketika kita masih dalam keadaan muda dan kuat menjalankan ibadah, hendaknya kita harus rajin melakukannya sebelum datang masa tua kita.
2. Sehat sebelum sakit, Ketika kita masih dalam keadaan sehat, hendaknya kita melakukan amal sholeh sebanyak mungkin sebelum datang sakit.
3. Kaya sebelum fakir, Ketika kita dalam keadaan kaya, hendaknya kita melakukan sedekah dengan harta lebih yang kita miliki, sebelum datang musibah yang merusak harta kita. 
4. Hidup sebelum datang kematian, Hendaknya kita  menjadikan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya, karena sesungguhnya orang yang telah mati itu terputus segala amalnya, kecuali shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang mendoakan orang tua.
5. Waktu senggang sebelum datang kesibukan, Jadikanlah keuntungan masa libur kita di dunia ini dengan beristiqomah melakukan kebaikan-kebaikan, sebelum kita sibuk dengan ketakutan-ketakutan pada hari kiamat yang tempat pertamanya adalah alam kubur.

Waktu Luang Sebelum Waktu Sibuk  Sehat Sebelum Sakit  Masa Muda Sebelum Masa Tua  Kaya Sebelum Fakir  Jaga Lima Perkara Sebelum Lima Perkara  Hidup Sebelum Mati  Hadist 
Bagikan