Hukum Childfree Perspektif Fiqih

Jumat, 11 Feb 2022, 16:51 WIB
Hukum Childfree Perspektif Fiqih
Hukum Childfree Perspektif Fiqih (Sumber Gambar: Liputanislam.com)

Childfree merupakan suatu kesepakatan antara suami dan istri untuk tidak mempunyai anak setelah menikah. Childfree dapat digambarkan dengan kesepakatan antara suami istri untuk menolak adanya anak, baik sebelum berpotensi wujud (1. dengan tidak bersetubuh, 2. dengan tidak menumpahkan sperma ke dalam vagina) atau setelah berpotensi wujud.
Dari penjelasan di atas, Imam al-Nawawi menjelaskan hukum Azl atau tidak mengeluarkan air mani ke dalam vagina adalah Makruh.

اَلْعَزْلُ هُوَ أَنْ يُجَامِعَ فَإِذَا قَارَبَ الْإِنْزَالُ نَزَعَ وَأَنْزَلَ خَارِجَ الْفَرْجِ وَهُوَ مَكْرُوهٌ عِنْدَنَا فِي كُلِّ حَالٍ وَكُلِّ امْرَأَةٍ سَوَاءٌ رَضِيَتْ أَمْ لَا لِأَنَّهُ طَرِيقٌ إِلَى قَطْعِ النَّسْلِ. (المنهاج شرح صحيح مسلم ص: ٩، ج: ١٠، مكتبة دار الإحياء التراث، سنة ١٣٢٩)

Berbeda halnya dengan pendapat Imam al-Ghozali dan didukung oleh Imam al-Zabidi, bahwa hukum Azl adalah boleh, tidak sampai makruh bahkan haram, seperti halnya hukum tidak menikah, tidak bersetubuh yang hanya sekedar Tarkul Afdhol atau meninggalkan keutamaan. 

وَإِنَّمَا قُلْنَا لَا كَرَاهَةَ بِمَعْنَى التَّحْرِيمِ وَالتَّنْزِيهِ، لِأَنَّ إِثْبَاتَ النَّهْيِ إِنَّمَا يُمْكِنُ بِنَصٍّ أَوْ قِيَاسٍ عَلَى مَنْصُوصٍ، وَلَا نَصَّ وَلَا أَصْلَ يُقَاسُ عَلَيْهِ. بَلْ هَهُنَا أَصْلٌ يُقَاسُ عَلَيْهِ، وَهُوَ تَرْكُ النِّكَاحِ أَصْلًا أَوْ تَرْكُ الْجِمَاعِ بَعْدَ النِّكَاحِ أَوْ تَرْكُ الْإِنْزَالِ بَعْدَ الْإِيلَاجِ، فَكُلُّ ذَلِكَ تَرْكٌ لِلْأَفْضَلِ وَلَيْسَ بِارْتِكَابِ نَهْيٍ. وَلَا فَرْقَ إِذِ الْوَلَدُ يَتَكَوَّنُ بِوُقُوعِ النُّطْفَةِ فِي الرَّحْمِ. (احياء علوم الدين، ص: ٥٣، ج: ٢، مكتبة الهداية سورابايا، دون السنة)

فَإِذَا جَامَعَ لَا يَجِبُ عَلَيهِ أَنْ يُنْزِلَ. فَتَرْكُ كُلِّ ذَلِكَ إِنَّمَا هُوَ تَرْكٌ لِلْفَضِيلَةِ. (اتحاف السادة المتقين بشرح احياء علوم الدين، ص: ١٨٨، ج: ٦، مكتبة دار الكتب العلمية بيروت، سنة ١٩٧١ م)

Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika Childfree yang dimaksud adalah menolak adanya anak sebelum sperma berada di vagina, maka hukum asalnya adalah boleh dan hanya sekedar Tarkul Afdhol atau meninggalkan keutamaan. 
Namun, kebolehan Childfree dapat berubah sesuai dengan faktor yang mempengaruhinya. Seperti sikap suami istri yang melakukan praktek Childfree dengan menggugurkan kandungan atau merusak sistem reproduksi secara total, maka hukumnya adalah Haram. 

وَلَيْسَ هَذَا كَالْإِجْهَاضِ وَالْوَأْدِ، لِأَنَّ ذَلِكَ جِنَايَةٌ عَلَى مَوْجُوْدٍ حَاصِلٍ، وَلَهُ أَيْضًا مَرَاتِبُ وَأَوَّلُ مَرَاتِبِ الْوُجُوْدِ أَنْ تَقَعَ النُّطْفَةُ فِي الرَّحِمِ وَتَخْتَلِطُ بِمَاءِ الْمَرْأَةِ وَتَسْتَعِدُّ لِقَبُوْلِ الْحَيَاةِ وَإِفْسَادُ ذَلِكَ جِنَايَةٌ، فَإِنْ صَارَتْ مُضْغَةً وَعَلَقَةً كَانَتِ الْجِنَايَةُ أَفْحَشَ، وَإِنْ نُفِخَ فِيْهِ الرُّوْحُ وَاسْتَوَتِ الْخِلْقَةُ اِزْدَادَتِ الْجِنَايَةُ تَفَاحُشًا. (احياء علوم الدين، ص: ٥٣، ج: ٢، مكتبة الهداية سورابايا، دون السنة)

وَكَذلِكَ اسْتِعْمَالُ الْمَرْأَةِ الشَّيْءَ الَّذِي يُبْطِىءُ الْحَبْلَ أَوْ يَقْطَعُهُ مِنْ أَصْلِهِ فَيُكْرَهُ فِي الْأُولَى وَيُحْرَمُ فِي الثَّانِي (حاشية الشيخ ابراهيم الباجوري، ص: ١٧٣، ج: ٢، مكتبة دار الكتب العلمية بيروت، سنة ١٩٧١ م)

Disarikan dari Hasil Bahstul Masail Pondok Pesantren Miftahul Huda 2022.

Syaikh Ibrahim al-Bajuri  Syaikh al-Zabidi  Suami dan Istri  Nikah  Kitab Ihya Ulumuddin  Imam Al-Ghazali  Childfree 
A. Faizul Mubin

Penulis adalah santri aktif di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang sekaligus mahasiswa jurusan Bahasa & Sastra Arab di UIN Maliki Malang.

Bagikan