Ajakan Habib Abdul Qodir Ba'agil Meningkatkan Iman Melalui Haul Almarhumin Ke-52

Rabu, 01 Jun 2022, 11:21 WIB
Ajakan Habib Abdul Qodir Ba'agil Meningkatkan Iman Melalui Haul Almarhumin Ke-52
Habib Abdul Qodir Ba'agil dalam Haul Almarhumin ke-52

Dalam acara Haul Almarhumin Ke-52 Pondok Gading, Ahad (29/5) kemarin, Habib Abdul Qodir Ba'agil mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah agenda yang dirahmati Allah Swt. Beliau juga menyimpulkan bahwa semua hadirin dalam mulai pagi hingga acara tersebut berakhir adalah orang-orang yang mendapatkan kasih sayang Allah Swt.

"Semua Almarhumin Pondok Gading memiliki kebaikan yang dicatat dan disimpan oleh Allah," ucap beliau. Habib Abdul Qodir mengatakan bahwa hal seperti itu telah Allah Swt. sebutkan dalam surat Yasin ayat 12;

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا۟ وَءَاثَٰرَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَٰهُ فِىٓ إِمَامٍ مُّبِينٍ

"Sesungguhnya Aku menghidupkan orang-orang mati dan Aku menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata."

Dalam kesempatan tersebut, Habib Abdul Qodir menyampaikan bahwa kita bisa belajar tentang meningkatkan Iman dari kesempatan menghadiri Haul Almarhumin Pondok Gading. Iman kita ada kalanya naik ada pula saatnya turun. Dengan turut berpartisipasi dalam acara Haul tersebut, kita bisa membuat iman kita naik.

Beliau juga mengutip surat Al-Baqarah ayat 8 yang berbunyi;

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ

"Di antara manusia ada yang mengatakan, 'kami beriman kepada Allah dan hari akhir,' padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman."

Mengatakan bahwa ayat tersebut menyindir kita, Habib Abdul Qodir kemudian menyebutkan pengertian iman secara lebih luas, "Iman itu bukan hanya perkara seperti shalat saja, tetapi juga hubungan dengan sesama manusia."

Habib Abdul Qodir kemudian mengharapkan hadirin untuk belajar dari rekam jejak dan meneladani Almarhumin Pondok Gading sebagai wujud untuk meningkatkan iman. "Mari kita lihat dan pelajari bagaimana para masyayikh Pondok Gading berbuat baik dalam lingkungan bertetangga, dalam menyambut tamu, dan juga cara berbicara yang halus," ajak beliau.

Haul Pondok Gading 
Wiqoyil Islama

Penulis adalah Santri PPMH yang sedang menempuh studi Strata-2 Sastra Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang juga biasa berkicau di @wiqoyil_islama

Bagikan