Kamis, 26 Ags 2021, 09:35 WIB

Tuntaskan Vaksinasi sampai Pondok Pesantren

Bagikan

Tuntaskan Vaksinasi sampai Pondok Pesantren
KH. M. Baidhowi Muslich Melaksanakan Vaksinasi di PP. Miftahul Huda Gading Malang (Dok.PPMH)

Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading turut menjadi bagian dari program serbuan vaksinasi pondok pesantren secara serentak di jajaran kodam V Brawijaya, Rabu (25/9). Peserta vaksinasi tahap pertama ini terdiri dari santri putra-putri PPMH, Santri Pondok Pesantren Al-Muflihun-Mojolangu, dan masyarakat setempat di Kelurahan Gadingkasri. Selain di Pondok Gading, vaksinasi juga diadakan serentak di 40 pondok pesantren yang ada di wilayah Jawa Timur. Mulai dari Tambak Beras-Jombang,  Pondok Pesantren Ngalah-Pasuruan, Lirboyo-Kediri hingga berbagai pondok pesantren lainnya.

Langkah tersebut merupakan dukungan Kodam V Brawijaya terhadap upaya pemerintah Provinsi Jawa Timur Dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di wilayah Jawa Timur dan mempercepat herd immunity

Di sisi lain, program tersebut juga untuk memenuhi target vaksinasi 2 juta orang dari Pemprov Jawa Timur. "Setidaknya terdapat 2 juta dosis vaksin yang nantinya bakal disediakan oleh pihak Kodam V  Brawijaya. Kami koordinasikan dengan Pemprov Jatim melalui Dinas Kesehatan" Kata Pangdam Mayjen TNI Suharyanto, seperti dikutip dari website resmi Kominfo Jatim pada selasa (24/8).

Kurang lebih 500 dosis vaksin sinovac digelontorkan dalam acara vaksinasi di Pondok Pesantren Gading. Acara tersebut, juga dihadiri segenap jajaran pemerintahan daerah dan TNI. Diawalinya acara dengan pembukaan oleh pengasuh Pondok Pesantren Gading almukarram Romo KH. Ahmad Muhammad Arif Yahya pada pukul 13.00 WIB, dilanjutkan penyuntikan vaksin pertama kepada al mukarram KH. Baidlowi muslich. Disusul dari keluarga ndalem dilanjutkan santri dan masyarakat sekitar.

Acara vaksinasi berjalan dengan lancar, tertib, dan tidak adanya antrian yang Berkepanjangan. Ini dikarenakan adanya persiapan yang matang sebelum acara vaksinasi berlangsung. "Kami sebelumnya sudah menyiapkan secara matang, baik koordinasi dari pegurus, tokoh masyarakat gading, kelurahan, maupun dari bapak TNI" Ujar Bapak Aris Mahmudi selaku Ketua Pondok Pesantren Gading.

Bapak Aris Mahmudi juga menyampaikan Terima kasih kepada jajaran kodam V Brawijaya Yang telah menfasilitasi vaksinasi massal kepada santri maupun masyarakat sekitar Pondok Gading.

"Alhamdulillah acara vaksinasi telah berjalan dengan lancar baik putra maupun putri dan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah Republik Indonesia yang mana telah menyisir ke berbagai pondok pesantren tak terkecuali Pondok Pesantren Gading dalam menangani pandemi covid-19" Tutur beliau mengakhiri statementnya

KH. Ahmad Arif Yahya  KH. Baidlowi Muslich