Ratusan Santri Pondok Gading Hadir Temu Alumni-Ziarah Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari

Selasa, 19 Sep 2023, 21:13 WIB
Ratusan Santri Pondok Gading Hadir Temu Alumni-Ziarah Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari
Acara Temu Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading, Kota Malang (Dok. Multimedia LP3MH)

Kegiatan 'Temu Alumni' Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading Kota Malang sukses terlaksana di Masjid Ulul Albab Pondok Pesantren Putri Tebuireng Jombang pada, Ahad (17/09/2023). Selain memperingati Maulid Nabi, acara dikemas sekaligus dengan ziarah ke makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

"Tadi (kata) dari Gus Yusron ada sekitar 600an alumni. Usai ramah tamah, berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari. Tadi diawali oleh Kiai Ahmad berziarah," ungkap H. Imron selaku Ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading, Kota Malang (IKA PPMH) saat dikonfirmasi.

Sebagai ketua IKA PPMH, H. Imron mengaku tujuan adanya temu alumni tidak lain supaya tetap terjalin ikatan silaturahmi terutama kepada Masyayikh dan Dzurriyah Pondok Gading Malang serta antar alumni. Kegiatan rutin tersebut, menurut H. Imron sebagaimana dilakukan setahun sekali pada Bulan Rabiul Awal. Selain temu alumni, ada juga acara reuni yang dilakukan pada saat malam haul Masyayikh Pondok Gading pada Bulan Syawal. Beliau menghimbau supaya para alumni Pondok Gading yang belum sempat hadir pada acara temu alumni, bisa mengagendakan reuni pada malam Haul Masyayikh Pondok Gading terlebih karena saat ini telah disediakan tempat tidur di halaqah.

"Monggo seluruh alumni, panjenengan hadir. Karena itu kegiatan rutin alumni" terangnya.

H. Imron turut menambahkan, tujuan temu alumni juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia berharap, meski telah tidak ditinggal di Pondok Gading, namun jati diri sebagai santri masih melekat sampai kapanpun.

"Diselenggarakan ini untuk memastikan kita tetap menjadi Santri Gading. Saya minta jangan hanya disaat mondok, tapi juga alumni kita masih nyantri dengan Kiai yang ada di Gading. Saya mohon panjenengan terus kita dukung kegiatan teman-teman di pondok," pesannya.

Kedepan, H. Imron mendorong alumni supaya bisa memakmurkan pondok. Jika bukan alumni, menurutnya harus siapa lagi yang menjadi donatur. Pasalnya, Pondok Gading enggan untuk menerima bantuan dari pemerintah dalam operasional dan pembangunan.

"Apalagi pondok Gading merupakan pondok tertua. Sekali lagi atas nama pengurus pusat  terima kasih" sambungnya.

Tatkala ditanya perihal lokasi temu alumni tahun depan, H. Imron mengaku tadi sudah ada usulan dua lokasi. Pertama di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, dan usulan kedua di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Kendati sudah ada usulan dua lokasi, Pengurus Pusat IKA-PPMH masih akan mengkomunikasikan dengan masyayikh. Adapun keputusan finalnya menunggu arahan KH Ahmad Muhammad Arif Yahya.

"Saya belum bisa menjawab dan memastikan. Kami sowankan ke kiai dulu, diantara dua tersebut mana yang disetujui kiai" bebernya.

Usai penyampaian sambutan-sambutan oleh panitia, acara dilanjutkan dengan Pembacaan Tahlil dan Yasin yang dipimpin oleh KH Syafi'an Naim. Setelahnya, KH Fahmi Amrullah Hadziq Pengasuh Pondok Pesantren Putri Tebuireng selaku shohibul bait menyampaikan mauidhoh singkat. Acara lantas ditutup oleh Pengasuh PPMH, KH Ahmad Muhammad Arif Yahya dengan khidmat. Sebelum meninggalkan Masjid Ulul Albab, hadirin bermushofahah atau bersalam-salaman dengan masyayikh disusul dengan Sholat Dhuhur berjamaah dan ramah tamah. Acara terakhir yaitu berziarah ke makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, Pendiri Nahdlatul Ulama dengan menempuh beberapa ratus meter dari masjid.

Temu Alumni Pondok Gading  Santri Pesantren Gading Malang  Santri Gading  Pondok Pesantren Miftahul Huda  Pondok Pesantren Gading  Pondok Gading  KH. Ahmad Arif Yahya  Kegiatan Pondok  IKA-PPMH 
Bagikan