Senin, 18 Okt 2021, 20:30 WIB

Pertahankan Tradisi, Komplek Sunan Muria Gandeng Komplek Sunan Kalijaga Rayakan Maulid Nabi SAW..

Oleh: Ulinnuha
Bagikan

Pertahankan Tradisi, Komplek Sunan Muria Gandeng Komplek Sunan Kalijaga Rayakan Maulid Nabi SAW..
Maulid Nabi di Komplek I

Jam’iyyah Komplek Sunan Muria (Komplak I) Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang hari ini Ahad (17/10) kembali menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara tahun ini terasa berbeda dengan acara peringatan tahun sebelumnya karena tahun ini Jam’iyyah Komplek Sunan Muria (Komplek I)  berkaloborasi dengan Jam’iyyah Komplek Sunan Kalijaga (Komplek H).

Kedekatan kedua komplek yang sudah terjalin sejak lama serta keharmonisan antar warganya  membuat kedua komplek kompak mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam satu kepanitiaan.  

Rangkaian acara yang telah di persiapkan oleh panitia berlangsung sehari penuh. Acara diawali dengan Khataman Al-Quran pada pagi harinya dipimpin oleh sahabat Abdimas Ulumuddin disertai dengan pembacaan blangko arwah dari kedua warga komplek untuk mendoakan sanak keluarga yang sudah mendahuluinya. Kemudian sore hari, selepas sholat ashar dilanjutkan pembacaan Maulid Simtudduror oleh tim banjari H-I bergaya Al-Habsyi dengan sangat meriah. Sukma Raga sebagai ketua pelaksana dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan warisan dari para sesepuh komplek yang telah turun temurun dilaksanakan setiap tahunnya. Ia juga sangat terharu berlinang air mata, tidak menyangka acara akan berjalan lancar tanpa suatu kendala.

Para alumni pun sangat antusias dalam terselenggaranya acara, terbukti dari banyaknya yang hadir dalam majelis tersebut. “Kami berharap estafet Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw. terus menerus dilakukan setiap tahunnya bahkan sampai hari kiamat," ujar Ustadz Hilmi selaku perwakilan alumni. Beliau melanjutkan dalam sambutannya bahwa Perayaan Maulid Nabi harus di nomersatukan sebagai wujud kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad Saw.

Sebagai wujud kecintaan serta ungkapan syukur dari penyelenggara, panitia juga turut mengundang semua pengurus Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang dan juga perwakilan beberapa santri dari semua komplek di pesantren. Mereka sangat antusias dalam menghadiri acara dan sangat mengapresiasi acara tersebut. “Kami selaku perwakilan pengurus memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh warga komplek H dan I dalam melakukan perayaan maulid yang  telah rutin dilakukan setiap tahun,” ujar Bapak Aris Mahmudi, kepala pengurus harian PPMH, dalam sambutannya. Beliau berharap agar acara dapat menumbuhkan kerinduan kepada Nabi Muhammad Saw. dan juga menumbuhkan semangat dalam belajar, menggali ilmu di pondok pesantren tercinta. 

Menyampaikan dukungan dalam perayaan maulid nabi tahun ini, Ustadz Nur Wahid dalam mauidhotul hasanahnya menekankan bahwa tabarukan dengan kanjeng nabi akan timbul rasa mahabbah (cinta) kepada nabi. Sebagai alumni dari jam’iyyah sunan kalijaga, pembawaan yang begitu humoris diselingi dengan cerita-cerita semasa beliau dulu ketika masih di pondok pesantren telah berhasil membuat para santri dan para tamu undangan tak mampu menyembunyikan tawanya. Beliau juga menambahkan bahwa santri sebagai pilar masa depan harapan para ulama, harus serba bisa dan juga harus senantiasa nemplek atau mengikuti para Kyai, Ulama dan Nabi. Acara kemudian di tutup dengan penyerahan cindera mata dan ramah tamah untuk seluruh tamu undangan.

Maulid Simtudduror  Maulid Nabi Muhammad 
Bagikan