Mengisi Bulan Kelahiran Nabi dengan Pembacaan Kitab Dalailul Khairat

Jumat, 14 Okt 2022, 16:30 WIB
Mengisi Bulan Kelahiran Nabi dengan Pembacaan Kitab Dalailul Khairat
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 H

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren Miftahul Huda, Gading, Malang, bersama santri Farobi (julukan kelas 3 Ulya) menyelenggarakan pembacaan kitab Dalailul Khairat dan peringatan haul Syekh Muhammad bin Sulaiman al-Jazuli, kamis (13/10). Bertepat di Masjid Baiturrahman, Acara tersebut dipimpin langsung oleh Habib Abu Bakar Assegaf dari Malang.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh dewan masyayikh Pondok Pesantren Miftahul Huda, tak terkecuali Syaikhina Kiai Ahmad Muhammad Arif Yahya dan segenap santri Pondok Gading. Lantunan sholawat dari Grub Majelis Sholawat Dalailul Khairat membuka acara tersebut dengan meriah dan penuh khidmat. dilanjutkan dengan pembacaan yasin fadillah.

Mengenai yasin fadhilah, Habib Abu Bakar Assegaf ngendikan, “baca yasin fadilah merupakan kebiasaan salaf, orang sholeh zaman dahulu ketika mempunyai hajat membaca yasin fadhilah sekali duduk sebanyak 41 kali. Dan alhamdulillah Habib Abdullah al-Hadad mendapatkan keberkahan oleh Allah swt dengan membaca yasin tersebut, dan jika mereka (para salafus sholeh) tidak membaca yasin fadillah sebagai gantinya membaca sholawat Dalailul Khairat.”

Selepas pembacaan yasin fadillah, memasuki rangkaian utama yakni pembacaan kitab Dalailul Khairat yang disusun oleh Syekh Muhammad bin Sulaiman al-Jazuli.  Adapun pembacaan kitab Dalailul Khairat dilakukan secara berjamaah dan dipandu langsung oleh Habib Abu Bakar Assegaf. Beliau secara gamblang menjelaskan runtutan pembacaan kitab Dalailul Khairat, dimulai dengan pembacaan kalimah thayyibah, tawassul, asmaul husna, asma’ nabi, niat membaca shalawat Dalailul Khairat, dilanjutkan dengan pembacaan hizib sesuai hari, dan ditutup dengan doa.

Rangkaian acara keempat adalah pembacaan shalawat Maulid asy-Syarobut Tohuur, yang dibawakan oleh Grub Majelis Sholawat Dalailul Khairat  berkolaborasi dengan grub sholawat banjari al-Barzanji Pondok Gading.

Acara pembacaan sholawat Dalailul Khairot dan haul Syekh Muhammad bin Sulaiman al-Jazuli ditutup dengan serangkaian doa, yang diawali oleh habib Abu Bakar Assegaf membacakan doa shalawat Dalailul Khairat dan diakhiri oleh Syaikhina Kiai Ahmad Muhammad Arif Yahya.

Sholawat  Maulid Nabi Muhammad  KH. Ahmad Arif Yahya  Kegiatan Pondok 
Tim Redaksi

Tim redaksi website PPMH

Bagikan