Rabu, 01 Jan 2020, 20:15 WIB

Kegiatan Pengakraban Santri dalam Malam Pergantian Tahun

Bagikan

Kegiatan Pengakraban Santri dalam Malam Pergantian Tahun
Bakar Jagung untuk Persiapan Kegiatan Malam Pergantian Tahun 2020

Setelah acara pembacaan shalawat dan khatmil Quran pada malam pergantian tahun (31/12) dilaksanakan di masjid Baiturrahman, sahabat-sahabat santri PPMH Gading mengadakan acara pengakraban di beberapa titik di dalam Pondok Gading. Acara diisi dengan majlis-majlis obrolan dengan sajian seperti jagung bakar dan kopi yang semuanya dimasak sendiri.

Persiapan bakar jagung sudah dilakukan sejak sore harinya. Para santri nampak sibuk berseliweran hilir mudik dari dan ke dapur pondok. Setiap kelompok santri telah menyepakati sejak awal pembagian tugas semua anggotanya demi terlaksananya malam pengakraban tersebut; membeli jagung, kopi, gula, mempersiapkan arang, tungku, dan sebagainya. Salah satu santri bahkan membawa ayam dari rumah untuk dibakar bersama demi memeriahkan acara pengakraban di malam pergantian tahun. Beberapa santri lebih memilih untuk membakar jagung ketika acara pengakraban diri dimulai jelang tengah malam untuk menghangatkan diri.

Beberapa titik yang dianggap ideal nampak dipenuhi kerumunan santri dengan bakaran jagung dan wedang kopi. Tidak jarang asap tembakau juga mengepul. Titik-titik yang dianggap ideal adalah di atas atap gedung madrasah, di sebelah area jemuran santri, di atas gedung baru komplek J, dan di atas gedung kantor LP3MH. Pasalnya, kembang api yang diluncurkan di sekitar kota Malang akan nampak dari sana ketika tengah malam.

Kegiatan yang sudah mendapat restu pengasuh pondok ini dilakukan agar malam pergantian tahun bisa diramaikan dengan acara yang positif. "Daripada ikut rame-rame di luar, cak. Khawatir ikut-ikutan yang negatif-negatif," tutur salah seorang santri yang namanya enggan dipublikasikan. "Kalau begini kan kita bisa ikut rame-rame dengan meminimalisir perbuatan maksiat kita," tambahnya.

Acara pengakraban tersebut diakhiri perlahan hingga pukul 1.00 dini hari. Sedikit demi sedikit para santri kembali ke bilik masing-masing untuk beristirahat. Hal itu karena para santri harus berada dalam kondisi prima beberapa jam setelahnya karena tidak ingin melewatkan jamaah shalat shubuh dan pengajian shubuh.

Perubahan Zaman  Malam Pergantian Tahun  Khotmil Qur'an  Kegiatan Pondok