Senin, 17 Ags 2020, 15:03 WIB

HUT RI KE 75 DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Bagikan

HUT RI KE 75 DI TENGAH PANDEMI COVID 19
HUT RI KE 75 (dok. PPMH)

17 Agustus telah menjadi tanggal resmi kemerdekaan Indonesia sejak 75 tahun yang lalu. Sehingga sejak 75 tahun yang lalu tiap sampai pada tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia merayakan kemerdekaannya dengan berbagai macam dan model. Seperti mengadakan upacara bendera, perlombaan, gotong royong, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan juga tanggal 17 Agustus menjadi kewajiban bagi masyarakat Indonesia untuk merayakannya walaupun hanya memasang bendera di depan rumah.

Akan tetapi, 17 Agustus 2020 sangat berbeda dengan 17 Agustus di tahun-tahun sebelumnya. Karena hampir Se-Dunia terkena wabah corona atau covid-19. Yang mana untuk mencegah penyebarannya, sangat dihimbau untuk tidak mengadakan acara terutama yang melibatkan masa banyak. Ini tentu menjadi hal baru karena selama ini merayakan kemerdekaan tentu dilakukan dengan cara bersama-sama.

Bagi masyarakat yang 'memaksa' tetap mengadakan acara perayaan dengan beramai-ramai tentunya wajib mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari yang memakai masker, menyediakan hand sanitizer, tidak sering melakukan kontak fisik, dan lain sebagainya. Tapi tetap lebih baik semacam perlombaan tidak perlu dilakukan. Toh juga sudah ada upacara yang dilaksanakan di Istana Merdeka yang bisa dikatakan mewakili bangsa Indonesia.

Diadakannya upacara bendera, lomba 17-an, atau kegiatan lainnya, pada dasarnya agar kita mengingat perjuangan pahlawan Indonesia terdahulu kala berjuang meraih kemerdekaan. Tapi ya, ditengah-tengah pandemi corona kalau kita justru mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Dan na'udzubillah jika ternyata malah menyebarkan virus justru membuat bangsa ini terjajah virus yang jelas-jelas merugikan negara. Apalagi kalau ternyata muncul klaster baru 'klaster 17-an na'udzubillah tentunya ini sangat tidak diharapkan segala pihak. Kita wajib bersyukur dengan adanya tanggal 17 Agustus 2020 ini Republik Indonesia telah mencapai tahun ke-75 sejak merdeka dari penjajah dan dengan ucapan syukur ini kita berharap agar negara ini ditambah nikmat sebagaimana dalam quran disebutkan La in syakartum la aziidannakum dan semoga kita 'dimerdekakan' atau dibebaskan dari wabah corona secepatnya. Aamiin.

Pandemi Covid 19  HUT RI Ke 75  17 Agustus 2020