Jumat, 01 Okt 2021, 18:24 WIB

Menyosong Hari Santri Nasional, Santri Baiduri Mengadakan Seminar Pengobatan Qur’ani

Bagikan

Menyosong Hari Santri Nasional, Santri Baiduri Mengadakan Seminar Pengobatan Qur’ani
Menyosong Hari Santri Nasional, Santri Baiduri Mengadakan Seminar Pengobatan Qur’ani (Dok.PPMH)

Santri kelas 3 ulya Madrasah Mathaliul Huda Pondok Pesantren Miftahul Huda menyelenggarakan seminar yang bertajuk pengobatan qur’ani (30/9). Kegiatan ini berlangsung di Masjid Baiturrahman dengan dihadiri segenap santri, jajaran asatidz, serta masyayikh Pondok Gading. Adapun pembicara seminar kali ini adalah Ustad Abdul Ghaffar pembina PC JRA Malang tim Ki Ageng Gribig sekaligus dosen di salah satu PTN Malang.

Dalam sambutannya, Ustadz Asrukhin selaku wali kelas baiduri -sapaan kelas 3 ulya- menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “selama ini, jarang sekali kelas 3 ulya mengadakan acara seminar dengan topik seperti ini” tutur beliau. Di akhir penyampaiannya, beliau berpesan mewanti-wanti kepada seluruh santri tentang sisi lain alquran. “ojo sampek alqur’an iku dadi sandang pangan, jadi alat sumber kehidupan” tegas beliau.

Pada seminar tersebut, Ustadz Abdul Ghaffar berbicara tentang urgensi alqur’an sebagai obat segala penyakit. Dalam penyampaiannya, beliau mengurai fungsi alquran. Di samping sebagai hidayah, al-quran juga bisa sebagai alat pengobatan. Beliau menjelaskan penyakit dibagi menjadi 3 hal, penyakit medis, penyakit spikis, dan penyakit mastul syaiton. “Dan semua penyakit ini bisa disembuhkan dengan perantara al-qur’an, baik secara langsung maupun dengan media perantara seperti halnya air” ucap beliau. Adapun penyakit mastul syaiton meliputi mastul intiqom (balas dendam), mastul isq (cinta), dan mastul ‘ain (pujian). “dalam bidang pengobatan, yang terpenting yakin, kadang ada orang kesurupan tetapi yang mengobati tidak yakin bahwa jin itu lemah, ya jin yang ada di dalam itu ketawa-ketawa, malah menirukan bacaan orang yang mengobati” pungkas beliau mengakhiri seminar ini.

Ustadz M. Asruhin  Pondok Gading  Kesehatan 
Bagikan